Minggu, 31 Oktober 2010

Elearning System

         Apa itu E-Learning E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet.  E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Ada beberapa pengertian berkaitan dengan E-Learning antara lain: pembelajaran jarak jauh, pembelajaran dengan perangkat komputer, pembelajaran formal vs. informal, dan pembelajaran yang ditunjang oleh para ahli di bidang masing-masing.
           Di kampus saya yaitu Universitas Gunadarma juga tersedia layanan E-Learning tersebut. Dengan klik link berikut Elearning Gunadarma . Saya sangat medukung dengan adanya layanan ini. Karena di layanan ini terdapat berbagai fitur seperti antara lain Ebook, SAP Online, V-Class, Material dan I-lab. Ebook berguna untuk para mahasiswa yang ingin men-download buku atau materi kuliah. Jadi bagi merek yang tidak mempunyai buku, bisa mendownload disini. SAP Online adalah SAP itu sendiri kepanjangan dari Satuan Acara Perkuliahan, yang berisi silabus-silabus mata kuliah pada setiap fakultas. Dosen dan mahasiswa wajib mempunyai data SAP ini yang bertujuan agar antara dosen dengan mahasiswa tahu materi mata kuliah tersebut yang akan dipelajari. V-class adalah singkatan dari Virtual Class, layanan untuk mahasiswa dimana mahasiswa mengikuti perkuliahan tanpa tatap muka dengan dosen di kelas. Jadi hanya lewat V-class ini dosen memberi materi-materi yang sudah disiapkan.
             Menurut saya, kelebihan dari layanan Elearning Gunadarma ini ialah dapat membantu dan memudahkan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan. Seperti saya contohnya, saya sangat terbantu sekali dengan adanya Ebook. Saya bisa mendownload materi kuliah secara 'cuma-cuma' atau gratis. Menyenangkan bukan? Untuk kekurangannya ialah bagi yang tidak ada sambungan internet. Mungkin kita harus ada komputer/laptop atau ke warnet untuk bisa mengakses internet dan masuk ke layanan ini. Tetapi layanan ini banyak manfaatnya daripada kekurangannya. Semoga bisa lebih sukses dan lebih baik lagi.

0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com